Pembukaan KPDK1
Pembukaan KPDK

Salam Pramuka! – Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda hendaknya sigap dengan kemajuan jaman. Sesuai dengan visinya, Gerakan Pramuka merupakan salah satu wahana yang tepat bagi pembinaan generasi muda, tetapi dengan segala problematika yang terjadi pada generasi muda yang tidak diimbangi dengan kreatifitas dan inovasi kegiatan Gerakan Pramuka menyebabkan kurangnya minat generasi muda berperan serta aktif dalam kegiatan kepramukaan. Revitalisasi Gerakan Pramuka senantiasa muncul guna menegaskan kembali bahwa Gerakan Pramuka sebagai pendidikan moral, budi pekerti dan kepribadian sehingga dapat membentuk karakter generasi muda yang sesuai dengan cita-cita Gerakan Pramuka.

Hakekat Dasar pendidikan kepramukaan adalah meningkatkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan yakni Satya dan Darma Pramuka oleh seluruh peserta didik, sehingga mereka dapat dipersiapkan menjadi kader pimpinan bangsa yang tangguh pada masa depan.

Kegiatan gerakan kepramukaan di satuan pendidikan akan dapat dilaksanakan secara efektif jika semua guru memiliki kemampuan sebagai pembina pramuka. Oleh sebab itu, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dewan Kerja Cabang (DKC) menyelenggarakan kegiatan Kursus Pengelola Dewan Kerja (KPDK).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Drs, Edi Damansyah,M.Si selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kukar melalui Wakil Ketua I, H. Djuremie didampingi Wakil Ketua Bidang Bina Muda H. Munawar, SE dan Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Dewasa (Binawasa) Supeno beserta sejumlah Majelis Pembimbing pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kukar lainnya, kamis, (09/10) kemarin dan akan berlangsung selama lima hari yaitu 09 s/d 12 Oktober 2014.

Sebanyak 52 orang dipastikan mengikuti kegiatan ini dan mereka berasal dari utusan Dewan Kerja Ranting (DKR), utusan Dewan Ambalan dan utusan Dewan Saka se-Kukar. KPDK itu sendiri adalah pendidikan dan pelatihan bagi Pramuka Penegak dan Pandega yang diarahkan untuk meningkatkan kemampuan dalam mengelola satuan bina yaitu Dewan Kerja.

H. Djuremie menyampaikan Tujuan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan, mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kepemimpinan dalam pengelolaan Dewan Kerja baik secara konsepsional maupun operasional.

”Agar Pramuka Penegak dan Pandega Ranting khususnya Dewan Kerja Ranting (DKR) mampu mengelola Dewan Kerjanya sesuai dengan sisitem manajemen pengelolaan, dengan tetap memperhatikan kondisi dan kebutuhan Pramuka Penegak dan Pandega yang berada di Wilayah Kerjanya,” ujar H. Djuremie.

Ia juga mengajak kepada para anggota dewasa Gerakan Pramuka untuk lebih merapatkan barisan dan menyatukan gerak langkah untuk percepatan kemajuan dan perkembangan Gerakan Pramuka sehingga dapat memberikan kontribusi positif dalam mendidik generasi muda yang berkarakter. ”Semoga dalam kegiatan kali ini dapat mendorong Gerakan Pramuka untuk lebih meningkatkan kontribusinya dalam upaya membentuk karakter kaum muda yang baik sebagai calon pemimpin bangsa yang handal pada masa depan,” harapnya.

Dalam kegiatan ini pula, disertai dengan pengukuhan DKC Gerakan Pramuka Kukar Masa Bakti 2013 -2019. (arm)

Sumber : pendidikankukar.com

Komentar

Komentar