Salam Pramuka! – Jelang Peringatan Hari Ulang Tahun gerakan Pramuka Indonesia ke 54 tahun 2015, Kwartir Cabang (Kwarcab) gerakan pramuka Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar seleksi calon anggota Pramuka Garuda angkatan tahun 2015 pada tanggal 7 hingga 9 agustus 2015 kemarin.

Acara yang berlangsung di Kwarcab gerakan pramuka Kukar, jl. Drs. Awang Sabran BcHK ini diikutui para anggota pramuka pada tingkat Siaga usia 7 hingga 10 tahun, Penggalang pada usia 11 hingga 15 tahun dan Penegak di usia 16 hingga 20 tahun serta tingkat Pandega yang berusia antara 21 hingga 25 tahun.

Ketua Panitia, Robby Indra sekaligus anggota dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Tingkat Cabang (PUSDIKLATCAB) Kukar menyampaikan jika setelah edaran diterbitkan dan disebar beberapa bulan lalu yang lalu, pihak panitia menerima berkas usulan masuk sebanyak 130 berkas, lalu masuk tahap verifikasi berkas dan yang lolos hanya 116 peserta. Selanjutnya ke 116 tersebut dipanggil ke Kwarcab gerakan pramuka Kukar untuk mengikuti tahapan seleksi kompetensi dasar, wawancara, teknik kepramukaan, hasta karya, PBB hingga kemampuan pendukung lainnya.

Dari 116 peserta tersebut, terdiri atas 12 peserta dari tingkat Siaga, 70 tingkat Penggalang, dan 32 dari tingkat Penegak serta 2 peserta dari Pandega. ”Dari 18 Kwarran yang ada di Kwarcab gerakan pramuka Kukar ini hanya 8 kwarran yang mengikutinya yaitu dari Tenggarong Seberang dan Marang Kayu masing-masing 2 peserta, Sebulu 4 peserta, Loa Janan 14 peserta, Tenggarong 17 peserta, Samboja sebanyak 21 peserta, dan Muara Muntai sebanyak 22 peserta serta yang paling banyak yaitu dari Kwarran Muara Badak dengan mengirimkan peserta pramuka garudanya berjumlah 34 orang,” ujar Robby.

Terkait masalah jumlah peserta yang lolos dan berhak menyandang pramuka garuda. Robby menjelaskan setelah seleksi ini akan ada sidang dewan penilai atau tim penilai yang terdiri dari 10 orang yang diketuai oleh Wakil Ketua Bidang Bina Muda, H. Munawar, SE, dan hasilnya akan diumumkan sebelum upacara besar Hari Ulang Tahun(HUT) Pramuka Indonesia ke 54 tahun 2015 di Kalimantan Timur yang diselenggarakan di Kukar pada 14 agustus mendatang.

Sementara itu, Ketua Kwarcab gerakan pramuka Kukar, Edi Damansyah melalui Wakil Ketua Bidang Bina Muda, H. Munawar yang disampaikan Seketaris Kwarcab gerakan pramuka Kukar, Aji Ali Husni menyatakan jika tujuan diselenggarakannya seleksi pramuka garuda ini adalah merangsang dan mendorong para pramuka agar senantiasa bersungguh-sungguh mengamalkan Satya dan Dharma pramuka serta melatih diri sehingga dapat menjadi teladan baik bagi anggota gerakan pramuka maupun anak-anak dan pemuda lainnya.

”Sasaran adalah mengingatkan setiap pramuka untuk berusaha meningkatkan kecakapan dan keterampilan, sikap dan tindakannya sehingga dapat mempersiapkan diri tenaga pembangun Bangsa dan Negara. Selain itu, mewujudkan usaha kegiatan pendidikan bagi para remaja untuk menerapkan prinsip dasar metotik pendidikan kepramukaan serta menarik minat pramuka, anak-anak dan pemuda lain agar mengikuti jejak pramuka garuda,” tutur Ali.

Kwarcab gerakan pramuka Kukar berharap agar nantinya Kukar memiliki anggota pramuka garuda di tingkatan masing-masing dan luar biasa dalam artian mereka yang sudah terseleksi dan melalui prosesnya. Kualitas dari pramuka garuda harus diutamakan tanpa melihat atau mengejar kuantitas yang dihasilkan.

Saat ini, Kwarcab gerakan pramuka Kukar juga sedang mempersiapkan pramuka garuda yang lolos pada tahun 2015 ini untuk diajukan pada tingkat Kwartir Daerah (Kwarda) Kaltim dalam hal mengikuti seleksi pramuka berprestasi dan berharap bisa menjadi perwakilan Kaltim di kegiatan Kwarda maupun ke tingkat Kwartir Nasional.

Sekedar untuk diketahui, pada tahun 2014 lalu Kwarcab gerakan pramuka Kukar sudah mencetak  pramuka garuda sebanyak 29 orang dengan tingkat Siaga sebanyak 5 orang, Penggalang 17 orang, Penegak 6 orang dan Pandega 2 orang. Selain itu yang menjadi pramuka berprestasi tingkat Kwarda gerakan pramuka Kaltim terbaik satu pada tingkatan Pandega dan Penegak terbaik dua.

Terhadap 10 Kwarran lainnya, Ali berharap tahun depan dapat berpartisipasi dalam seleksi pramuka garuda sehingga pada setiap Kwarran akan memiliki pramuka garuda dan mampu bersaing dengan kwarran lain dan tentunya harus menjalankan proses tahapannya sehingga pada gugus depan proses pengeisian Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK) serta Tanda Kecakapan Umum (TKU) terhadap adik didik sesuai dengan yang tertera dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) gerakan pramuka. ”artinya, adik-adik didik yang dikirim tidak di karbit akan tetapi melalui proses yang memang betul-betul menjadi acuan menuju pramuka garuda,” tutupnya. (rully)

Komentar

Komentar