Radio

RSD 1077fm3

 

I. LATAR BELAKANG

Organisasi Gerakan Pramuka tidak terlepas dari dunia pendidikan diluar sekolah yang pada tujuannya membentuk generasi muda yang berwatak dan budi pekerti yang luhur, mandiri, berjiwa patriot. akan tetapi jika dihadapkan dengan kondisi sekarang, banyak generasi muda yang terlibat pada Narkoba, yang pada akhirnya berbuntuk kriminalitas, Gerakan Pramuka merasa bertanggung jawab atas penomena tersebut, dan mencoba untuk menciptakan kegiatan – kegiatan yang menarik yang mengandung pendidikan bagi anak – anak, remaja dan pemuda.

Telah banyak jenis dan ragam kegiatan Kepramukaan tersebut, dan tetap dilaksanakan pada waktu dan program kerja yang telah dimusyawarahkan, akan tetapi dirasakan belum cukup untuk bisa menarik perhatian pada generasi muda tersebut, hingga Gerakan Pramuka mencoba mengilhami perkataan Bapak Pandu Sedunia Lord Robert Baden Pawell Of Gillwal yang berbunyi : “Jika kegiatan tersebut kurang menarik perhatian para anggota pramuka jangan dipaksakan, coba ditanya kepada mereka kegiatan apa yang diinginkan kemudian terjemahkan dalam kegiatan yang mengandung pendidikan“.

Berdasarkan dengan hal tersebut diatas, dengan ini kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kutai Kartanegara mencoba untuk mengadakan kegiatan menarik, dan banyak menyentuh para generasi muda yang dalam hal ini berupa kegiatan Radio Siar dan pada kesempatan ini telah membentuk kepengurusan Radio “ Satya Dharma “ FM yang dulu dipancar luaskan melalui frekuensi 93.9 Mhz namun sekarang di 107.70 Mhz. yang pada saat ini mengudara diwilayah Tenggarong, belum bisa menjangkau seluruh kecamatan yang berada diwilayah Kutai Kartanegara dikarenakan keterbatasan peralatan.


II. TUJUAN

  1. Membentuk generasi muda yang berwatak dan budi pekerti yang luhur, Mandiri, berjiwa Patriot.
  2. Menggalang para generasi muda untuk terlibat pada Kegiatan Radio, hingga menjauhkan pengaruh narkoba pada diri generasi muda khususnya di Kutai Kartanegara.
  3. Wadah berkumpulnya generasi muda dalam lingkaran Praja Muda Karana hingga jauh dari kegiatan kegiatan yang merugikan generasi muda.
  4. Untuk para Anggota Pramuka belajar mandiri dan berusaha dalam bidang Pendidikan dan Hiburan.


III. TEMPAT

Radio “ SATYA DHARMA FM “ 107.70 Mhz

Sekretariat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kutai Kartanegara

Jalan Awang Sabran BcHk No. 58 RT. 8 Panji 75514 Tenggarong

 

IV. FREKWENSI SEMENTARA

Radio ” SATYA DHARMA ” pada 107.70 Mhz

Dengan luas Jangkauan Kota Tenggarong.