Salam Pramuka! – Penyerahan penghargaan Pramuka Berprestasi tingkat Nasional tahun 2015 akan diselenggarakan di Kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau pada puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-87 tahun 2015 ini.

Tidak banyak yang tahu dan mengira jika Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki anggota Pramuka yang masuk dalam daftar penerima penghargaan tersebut. Dia adalah Dedi Purwansyah, putra kelahiran Marang Kayu pada 23 juli 1991 silam. Sejak menempuh pendidikan Sekolah Dasar hingga saat ini tinggal di Kecamatan Muara Badak.

Untuk lebih dekat lagi, kami melakukan Wawancara Exclusive dengan anggota pramuka yang saat ini di golongan pramuka Pandega.

Kapan Pertama Kali Ikut Pramuka?

”Awal mula saya mengikuti kegiatan kepramukaan bermula dari tingkatan Siaga, saat itu saya masih duduk di kelas IV di SD Negeri 003 Muara Badak, kemudian digolongan Pengalang aktif di gugus depan solahuddin Al-Ayyubi pondok pesanteren Al-Muhajirin Muara Badak, begitupun ketika usia Penegak. Selain itu, saya aktif mengikuti Satuan Karya Bhayangkara di tahun 2008, Saka Bakti Husada di tahun 2011, Saka Wira Kartika di tahun 2013 ini.”

Sebagai anggota Pramuka Golongan Pandega, Dimana saat ini Kakak mengabdikan diri?

”Ketika usia saya memasuki usia pandega, saya aktif sebagai pembantu Pembina di Gugus Depan Jend. Ahmad yani pangkalan SMP Negeri 1 Muara Badak dan hingga sekarang ini.”

Selain sebagai pembantu Pembina di Gugus Depan, dimana lagi?

”Untuk mencari pengetahuan kepramukaan dan menambah wawasan, saya tergabung dalam Dewan Kerja Ranting Kecamatan Muara Madak di tahun 2007. Saat itu saya menjabat sebagai anggota hingga tahun 2013, dan puji syukur terhadap Allah SWT di tahun 2014 terpilih dan diberikan amanah untuk menjadi Ketua Dewan Kerja Ranting Kecamatan Muara Badak periode 2014-2019,”

Ceritakan kakak, perjalanan kakak bisa masuk salah satu penerima penghargaan Pramuka Berprestasi tahun ini…

”Berawal dari datangnya edaran dari Kwartir Cabang Kutai Kartanegara, kemudian adanya panggilan dari Ketua Kwartir Ranting, kak Hari Djumadi dan Sekertarisnya kak Muhammad habibi. Beliau menyampaikan kepada saya apakah siap untuk mengikuti kegiatan ini? setelah saya membaca semua persyaratan yang terlampir, dan dengan penuh keyakinan serta dorongan yang kuat dari beliau, saya putuskan untuk ikut dalam kegiatan pramuka berprestasi di tahun 2014, dan Alhamdulillah terpilih sebagai terbaik 1 di tingkat Daerah Provinsi Kalimantan Timur, dari sanalah saya diusulkan kembali ke tingkat Nasional pada tahun 2015 ini.”

Apa yang bisa kakak Ucapkan atas apa yang dicapai sampai saat ini?

Saya berterimakasih kepada Allah SWT, Orang tua, Seluruh jajaran Pengurus Kwartir Daerah Kalimantan Timur, dan Kwartir Cabang Kutai Kartanegara yang sudah membantu, juga kakak-kakak senior Dewan Kerja Ranting Kecamatan Muara Badak, terutama kak Hari Djumadi dan kak Abhie, yang sudah membantu sampai detik ini saya bisa terus melaju ketingkat Nasional, tanpa kalian semua saya tidak akan bisa apa-apa. Saya ucapkan terimakasih atas semua motivasi yang sudah diberikan.”

Kami bersyukur, saat melakukan Wawancara Exclusive saat itu, Dedi Purwansyah didampingi langsung oleh Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Muara Badak, Kak Hari Djumadi, S.Pd.

Kak Hari, apa tanggapan kakak dengan apa yang sudah dicapai Dedi Purwansyah?

”Sangat bangga dengan prestasi yang di capai Dedi. Ditengah kesibuaknnya yang padat dan sebagai anggota pramuka yang aktif di gudep dan dewan kerja, Dedi mampu memberikan kebanggan bagi kita semua, dan memberikan harapan besar pada perkembangan pramuka di Kecamatan Muara Badak dan Kabupaten Kukar pada umumnya.”

Terkat dengan Pramuka Berprestasi tingkat Nasional yang diraih Dedi Purwansyah?

”Terpilih sebagai pramuka berprestasi bukan merupakan pekerjaan mudah, semua dilalui dengan proses perjuangan yang tak kenal lelah, alhamduliilah Pramuka Kwarran Kecamatan Muara Badak mampu mengukir sejarah di gerakan pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Kukar, Kwartir Daerah Kalimantan Timur bahkan gerakan pramuka Nasional.”

Apa Harapan Kakak atas prestasi yang diperoleh Dedi Purwansyah?

”Selaku Pembina dan Pengurus Kwartir Ranting, Besar harapan kami jejak Dedi Purwansyah di ikuti oleh rekan – rekannya atau adik-adiknya kelak. Pengalaman ini dapat terus ditularkan hingga tujuan dan cita – cita gerakan pramuka mencetak generasi bangsa yang bekarakter dapat kita ciptakan. Sukses untuk Dedi, tetap menjadi pramuka yang taqwa kepada Allah SWT, santun, berjiwa patriot dan mengamalkan Tri Satya dan Dasa Dharma dalam kehidupan sehari-hari.”

Semoga Wawancara Exclusive kami ini mampu memberikan semangat untuk kakak – kakak dan Adik – adik anggota pramuka lainnya. Baik itu di wilayah Kwarti Daerah Kalimantan Timur maupun Kwartir Daerah dan Kwartir Cabang lainnya di tanah Air.

Saya PRAMUKA! Keren, Gembira, Asik…

Jurnalis : Kak Fitri, S.I.Kom
Editor : Kak Rolli Maulana

Komentar

Komentar