Salam Pramuka! – Kwartir Cabang (Kwarcab) gerakan pramuka Kutai Kartanegara (Kukar) menyambut dengan baik dan mendukung penuh kegiatan Unit Pramuka Peduli Kwartir Ranting (Kwarran) Samboja dalam keikutsertaannya di pelaksanaan Giat Operasi RAMADNIYA Lebaran Tahun 2017 ini.

Ditemui di Seketariat Kwarcab gerakan pramuka Kukar, Ketua Kwarcab Kak Edi Damansyah melalui Seketarisnya Kak Aji Ali Husni menyampakian dukungan kepada anggota Pramuka Peduli Kwarran Samboja tersebut, ”Itu jelas, apa yang dilakukan oleh Unit Pramuka Peduli Kwarran Samboja merupakan salahsatu bentuk nyata dalam pengabdian anggota pramuka kepada masyarakat atau Urban Scouting namun yang perlu diperhatikan adalah keselamatan kita, jangan sampai berniat menolong orang malah kita yang ditolong, gunakan standar operasional prosedur pertolongan yang benar seperti yang sudah diajarkan,” ujarnya.

Seketaris Kwarcab gerakan pramuka Kukar ini juga menghimbau untuk Kwarran yang sudah dikukuhkan unit Pramuka Pedulinya agar bisa aktif melakukan kegiatan.

”Unit Pramuka Peduli itu bekerja bukan hanya saat ada musibah, akan tetapi juga kepeduliannya kepada masyarakat luas, seperti membantu pengaturan arus mudik, bakti sosial dan lain-lain. Bagi Kwartir Ranting yang belum terbentuk agar segera menyampaikan susunan kepengurusan Unit Pramuka Pedulinya untuk segera ditindaklanjuti,” terang Kak Aji Ali Husni.

Terpisah, Seketaris Umum Unit Pramuka Peduli Kwarcab gerakan pramuka Kukar, Kak Miyardi Tri Raharjo mengharapkan jika jejak positif ini bisa terus menular ke Kwarran lain sehingga pengamalan dasa dharma pramuka benar-benar berwujud.

”kita berharap apa yang dilakukan Kwarran Samboja melalui Unit Pramuka Pedulinya bisa jadi pemicu kwarran-kwarran lain untuk mensertakan unit Pramuka Pedulinya setiap ada kegiatan bahkan saat masyarakat membutuhkan pada musibah-musibah yang sering terjadi seperti saat ini terjadi di hulu mahakam yaitu banjir, kebakaran dan lain-lain,” harap Kak Miyardi.

Kak Miyardi juga mengungkapkan jika saat ini anggota Unit Pramuka Peduli tidak hanya terbentuk di Kwarran Samboja akan tetapi juga sudah ada di Kwarran Kota Bangun, Muara Kaman, dan Kembang Janggut serta Kwarran Muara Muntai. ”untuk 4 Kwarran di hulu mahakam saat ini Unit Pramuka Pedulinya masih fokus membantu musibah banjir diwilayah mereka khususnya di posko-posko pengungsian. Kemarin kita ke Muara Kaman untuk salurkan bantuan juga dibantu anggota Unit Pramuka Peduli Kwarran Muara Kaman,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, kurang lebih 22 orang anggota Unit Pramuka Peduli Kwarran Samboja akan bergabung dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Samboja dan Brigade Bencana Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) ABADI di posko siaga lebaran Bukit Suharto Kilometer 38 dan Kilometer 54 arus mudik Balikpapan – Samarinda. Mereka akan bertugas pada H-7 dan H+7 Lebaran Idul Fitri mendatang dalam pelaksanaan Giat Operasi RAMADNIYA Lebaran Tahun 2017.

Penulis : Rolli Maulana

Berita Sebelumnya >>> Pramuka Peduli Samboja Siap Sukseskan Giat Operasi RAMADNIYA 2017

Komentar

Komentar