Ketua Kwarcab Kukar, Edi Damansyah saat menyerahkan bantuan sembako untuk korban banjir di Kecamatan Muara Kaman. (foto by. Rully)

Salam Pramuka! Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kutai Kartanegara (Kukar) yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah menyambangi Posko pengungsian korban banjir musiman di Muara Kaman pada Jum’at, (26/05/2017) kemarin.

Anggota Kwarcab gerakan pramuka Kukar dengan panji Pramuka Peduli Kukar yang berjumlah 20 orang sembari membawa sembako ini diterima oleh Seketaris Camat Muara Kaman, Barlian, Kasi Trantib yang juga merupakan Ketua Kwartir Ranting gerakan pramuka Muara Kaman, Arsil serta Kepala Desa Muara Kaman Hilir, Hardi dan Kapolsek Muara Kaman serta Danramil 0906-08/Muara Kaman.

Ketua Kwarcab gerakan pramuka Kukar, Edi Damansyah berserta rombongan langsung meninjau lokasi pengungsian di Tabalai dan Gunung PLN serta melihat langsung rumah warga yang terendam air.

Edi Damansyah mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran pemerintah kabupaten hingga ke desa yang sudah membantu warga yang rumahnya sudah terendam banjir dan sudah tidak bisa lagi ditempati untuk di evakuasi dan ditempatkan di tempat pengungsian.

”hari ini salahsatu kunjungan kita untuk silaturahmi sekaligus menyampaikan bantuan dari Pramuka Peduli kabupaten Kutai Kartanegara dan kita ingin memastikan bahwa apa yang sudah dikerjakan oleh Dinas Sosial dan bantuan yang diberikan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” ungkap Edi Damansyah.

Kepada para korban, Edi Damansyah menghimbau untuk tetap tabah menghadapi situasi saat ini. ”selalu menjaga persatuan dan persaudaraan karena di tempat pengungsian ini kondisinya sangat dibutuhkan kebersamaan, kepada teman-teman linmas, dari jajaran Polsek, Danramil yang ada dilapangan kita ingin kondisi pengungsian senyaman mungkin sebagaimana situasi pengungsian. Mudah-mudahan kebutuhan dasar terpenuhi,” tuturnya.

Ia juga berharap agar para pengungsi diberikan kesehatan. ”Mudah-mudahan saudara kita yang ada dipengungsian ini diberikan kesehatan dan mudah-mudahan banjir ini segera surut,” harapnya lagi.

Suasana di Pengungsian Gunung PLN Kecamatan Muara Kaman (foto by. Rully)

Dari data posko pengungsian, tempat pengungsian sudah dibuka sejak tanggal 18 mei 2017 lalu dan sejak tanggal tersebut hingga sekarang jumlah pengungsi terus bertambah, untuk daerah Tabalai mayoritas dihuni warga dari Muara Kaman Hilir sedangkan di Gunung PLN dihuni warga dari Muara Kaman Hulu. Hingga saat ini para pengungsi berjumlah 103 KK yang terdiri atas 53 KK di Gunung PLN dan 50 KK di Tabalai.

Unsur pimpinan dan pengurus Kwarcab gerakan pramuka Kukar juga ikut turun menyerahkan bantuan, seperti Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda, Munawar dan Seketaris Kwarcab, Aji Ali Husni.

Penulis : Rolli Maulana

Komentar

Komentar